--> Kue Ongol Ongol Betawi | BEKASI GUE
Loading...
Loading...

Mengenal Bekasi Dari Sini

30 June 2019

Kue Ongol Ongol Betawi

| 30 June 2019


Salah satu kue khas betawi yang cukup menggugah selera adalah Ongol-ongol. Mungkin sebagian diantara anda pernah mencicipi penganan manis ini. Bahan dasarnya sederhana, mudah didapat, dan tentunya mudah pula dalam membuatnya. Bahan dasarnya bisa berupa tepung sagu atau tepung hunkwe. Kue ini sangat cocok untuk menu sarpan pagi anda. Di sertai dengan segelas kopi atau teh hangat tentunya akan menambah kenikmatannya. Maka dari itu biasanya penjaja kue keliling di pagi hari sering menjual kue ongol-ongol ini.

Namun demikian,bukan berarti di waktu-waktu lain,kue ini kurang cocok disantap. Kapanpun,anda bisa menikmati kue ini,baik siang, sore maupun malam hari. Atau mungkin bagi yang suka begadang,bisa sekali-kali mencoba kue ini sebagai camilan.

BAHAN:

120 gr bungkus tepung hunkwe atau tepung sagu 175 gr gula merah 50 gr gula pasir 0.5 sendok teh garam 800 ml air

TABURAN PELENGKAP:

1/2 buah kelapa setengah tua, kupas, parut1/2 sendok teh garam1 lembar daun pandan

CARA MEMBUAT:

Pertama,Rebus gula merah,gula pasir, garam, dan air hingga gula larut, angkat lalu saring. Kemudian dinginkan.Campur air gula merah dengan tepung hunkwe,aduk rata lalu masak sambil terus diaduk hingga matang dan mengental.Angkat lalu tuang adonan ke dalam wadah, diamkan hingga mengeras.Kukuslah kelapa parut,garam,dan daun pandan selama 15 menit. Setelah itu, angkat.Potong-potong hunkwe lalu gulingkan di atas kelapa parut hingga rata.Ongol-Ongol siap disajikan.

Related Posts

No comments:

Post a Comment